Pages

Banner 468 x 60px

.

29 Jun 2013

Perjuangan Pasca Aksi 27 Juni 2013

24 komentar
Kegiatan Aksi Kebulatan Tekad 10.000 THL TBPP se-Indonesia pada hari Kamis, 27 Juni 2013 di Depan Istana Merdeka mendapatkan liputan luas dari media massa. Beberapa media online maupun media cetak meliput kegiatan dan memberitakannya dengan Judul : Ribuan Penyuluh Pertanian Turun ke Jalan (Kantor Berita Nasional RRI, 27 Juni 2013), Ribuan Penyuluh Pertanian Demo (Sinar Harapan, 27 Juni 2013), 7000 Penyuluh Pertanian Geruduk Istana (Pos Kota, 28 Juni 2013), Benahi Bujet Penyuluh Pertanian (Sinar Harapan, 28 Juni 2013), Ribuan Penyuluh Tani Tuntut Kenaikan Gaji di Depan Istana (Rakyat Merdeka, 28 Juni 2013).

Terlepas dari beragam judul berita di atas, Aksi Kebulatan Tekad THL TBPP berjalan dengan tertib, lancar dan tidak sampai mengganggu kelancaran lalu lintas pada rute di sekitar tempat aksi berlangsung. Bahkan ketika pihak keamanan meminta Panitia menuntaskan kegiatan Aksi hingga pukul 13.00 WIB karena pada sekitar jam tersebut Presiden RI akan menerima Tamu Negara Presiden Vietnam, para peserta aksi ini mematuhi permintaan tersebut – meskipun sebenarnya batas aksi yang diijinkan sesuai ketentuan Undang-Undang adalah sampai pukul 17.00 WIB. Hal ini menunjukkan bahwa komunitas THL TBPP menghormati kepentingan lain dan simbol-simbol kenegaraan.

Namun demikian keputusan menuntaskan agenda aksi di atas tidak mengurangi pencapaian positif sasaran perjuangan, meskipun harus diakui hasilnya masih merupakan sasaran antara. Di tengah aksi berlangsung, pihak Sekretariat Negara mengundang 10 perwakilan THL TBPP untuk berdialog. Beberapa saat kemudian perwakilan THL TBPP ini di gedung yang sama perwakilan THL TBPP ini diterima dan berdialog dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Menteri Pertanian. Hasil dialog tersebut dirangkum sebagai berikut :

MenPAN-RB : THL TBPP akan diupayakan untuk dapat diangkat menjadi CPNS Penyuluh Pertanian melalui mekanisme test tulis sesama THL TBPP dengan alokasi formasi yang ditentukan KemenPAN-RB

Mentan : mendukung dan mengusulkan pengangkatan Penyuluh Pertanian PNS dengan memprioritaskan THL TBPP

Perwakilan THL TBPP : meminta kepada Pemerintah untuk mengangkat THL TBPP menjadi CPNS Penyuluh Pertanian melalui mekanisme Kepres dengan dasar pertimbangan urgensi kebutuhan penyuluh pertanian PNS, peran dan tupoksi THL TBPP selama 7 tahun masa pengabdian, amanat UU No. 16 Tahun 2006 – Pasal 20 ayat 1 dan 2 beserta penjelasannya - dan usulan revisi Pasal 5 ayat 4 PP No. 56 Tahun 2012

Dengan posisi hasil dialog seperti yang telah dipaparkan di atas, THL TBPP masih memerlukan proses lanjutan untuk bisa mencapai sasaran akhir yang diinginkan. Dalam kaitan ini perwakilan THL TBPP terus melanjutkan upaya. Pada hari Jum’at, 28 Juni sekitar pukul 13.20 WIB perwakilan THL TBPP menemui pimpinan Komisi IV DPR RI yang berjanji akan memfasilitasi dialog Komisi IV dan Komisi II DPR RI dengan pihak MenPAN-RB dan Mentan.


Bagaimanapun aksi kebulatan tekad THL TBPP 27 Juni telah menarik perhatian publik. Mantan Menteri Pertanian, Bungaran Saragih peran penyuluh pertanian sangat penting bagi pertanian kita. Menurutnya keberadaan penyuluh pertanian akan optimal apabila desain pembangunan pertanian sudah jelas. Lebih lanjut Bungaran mengatakan, unjuk rasa para penyuluh menunjukkan bahwa sistem perlu dibenahi.

Bagi segenap rekan THL TBPP se-Indonesia. Kita semua adalah para pejuang tanpa kecuali. Mari lanjutkan amanah ini dengan penuh semangat, keyakinan dan keteguhan pada lini masing-masing. Semua lini sama-sama penting. Jangan pernah berhenti hingga tujuan akhir tercapai !

Salam Semangat !

LINK BERITA TERKAIT :

http://rri.co.id/index.php/berita/58778/Ribuan-Penyuluh-Pertanian-Turun-ke-Jalan#.Uc2n3zvcD6h
http://m.poskotanews.com/2013/06/27/tuntut-jadi-pns-7-ribu-penyuluh-pertanian-demo-di-depan-istana/
http://www.menaranews.com/news/nasional/ribuan-tenaga-outsourcing-deptan-demo-istana-negara
http://www.youtube.com/watch?v=0cm1mXI4nrs
http://www.merdeka.com/foto/peristiwa/211966/puluhan-ribu-penyuluh-pertanian-tuntut-pengangkatan-pns-002-nanda-farikh.html
http://m.metrotvnews.com/read/news/2013/06/26/164251/Tenaga-Bantu-Penyuluh-Pertanian-Berencana-Kepung-Istana#.Uc22jAtW8pw.facebook
http://video.liputan6.com/main/read/54/1143155/0/ribuan-penyuluh-pertanian-tuntut-jadi-pns
double semangat

para srikandi THL TBPP

lautan THL TBPP ... kami datang dari Sabang sampai Merauke ...

lautan THL TBPP ... kami datang dari Sumatera, Jawa-Madura, Bali dan Nusa Tenggara Barat dan Timur ... kami datang dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua

aspirasi 1 ... semangat ... semangat dan semangat !

aspirasi 2 ... tertib ... tertib dan tertib !

semangat dalam kebersamaan yang satu

Sang Komandan THL TBPP

aspirasi 3 ... titik akhir tujuan kami ... yakin dengan tujuan

suasana dialog dengan MenPAN-RB dan Mentan ... 1

suasana dialog dengan MenPAN-RB dan Mentan ... 2
semangat itu menyala, membakar dan menembus dinding-dinding keterbatasan fisik ... maka lihatlah dunia ... bukalah hati nurani mu !
penyuluhnya petani ... topinya pun topi petani ...

24 komentar:

Jupri Banurea mengatakan...

TERIMAKASIH ATAS PERJUANGAN KALIAN KAWAN-KAWAN.
Keyakinan yang teguh serta perjuangan yang GIGIH akan membuahkan HASIL yang MEMBAHAGIAKAN.
Saya Percaya itu!!

Salam Persaudaraan,
Jupri Sukamtar Banurea, S.Pt
(Koord. FK THLTBPP Kecamatan Raya)
THLTBPP Desa Bintang Mariah Kecamatan Raya
Kab. Simalungun
Umatera Utara

thl tbpp mlg jtm mengatakan...

Pengangkatan langsung THL TBPP adalah hal yang wajar karena :
1. THL telah mengikuti seleksi ketat secara nasional ( gak perlu buang waktu dan anggaran utk seleksi ulang)
2. THL telah memiliki masa kerja yang cukup dan siap untuk menggantikan PNS yang memasuki masa pensiun.
3. THL merupakan komponen penting sbg penunjang keberhasilan program2 pemerintah sprti P2BN dll.

Unknown mengatakan...

terimakasih perjuangan saudara saudara kami yakin perjuangan yang gigih pasti ada hasilnya, Tuhan merestui perjuangan kita.
( Sek FK THL TBPP Kab. Barito Selatan
Kalimantan Tengah
Hartino

Unknown mengatakan...

terima kasih temen2 thl yang rela bekorban tuk perjuangan kita

jobcholley mengatakan...

Terima kasih atas perjuangan teman2 se Nusantara yang telah menyampaikan aspirasi di Istana Negara,kami di daerah sangat mendukung perjuangannya....yakinlah apa yang telah disampaikan oleh teman2 pasti berhasil....!!!

by : Ayub, SP (Koordinator THL - TBPP Kab. Melawi, Pontianak, Kalimantan Barat)

UPT-BPPAsakota mengatakan...

THL adalah Asset Negara yg Berharaga
THL direkrut 100% Bebas KKN
THL Tulang Punggung Swasebada Pangan Berkelanjutan
Apresiasi terima kasih kami
Koord.FK THL-TBPP Kecamatan Asakota Kota Bima
atas perjuangan para Laskar Penyuluh Pertanian Indonesia

Anonim mengatakan...

terimakasih kwn2 yg sdh berjuang tak kenal lelah demi nasib kita bersama, THL-TBPP se-Indonesia. Hidup THL-TBPP

Anonim mengatakan...

pengangkatan thl yang terpenting harus transparan tidak di dominasi oleh kader-kader dari partai tertentu yang merupakan titipan.

Anonim mengatakan...

untuk tahun 2014 apa ada rekrutmen thl untuk bidang peternakan ?

Anonim mengatakan...

semangat terus ya pak.....

Anonim mengatakan...

Terima kasih saudara-saudaraku......
Mudah-mudahan perjuangan kalian membuahkan hasil yang gemilang bagi kita semua.... amieen

Anonim mengatakan...

Salam semanagat.........

Anonim mengatakan...

Menpan semestinya tidak melupakan " Kedaulatan Pangan". Kedaulatan Pangan Tercipta apabila ada Petani dan Penyuluh.Jika Penyuluhnya saja nasibnya tidak jelas, gimana bisa tercapai kedaulatan Pangan ??? Maka dari itu, perlu regulasi yang bisa mengakomodir keberadaan THL-TBPP(Penyuluh Kontrak) berubah status menjadi penyuluh PNS. Berjuang terus saudara2ku. Kami mendukungmu.

Marinus Tanan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Marinus Tanan mengatakan...

Terima kasih saudara-saudaraku...
THL-TBPP adalah Regenerasi Penyuluhan berkelanjutan, apakah kinerja THL-TBPP selama ini hanya akan jadi tinggal kenangan..??
Semestinya Mempan memberi apresiasi terhadap THL-TBPP dengan mengangkat menjadi PNS,demi kedaulatan Pangan Berkelanjutan..

By: Marinus Tanan, THL-TBPP Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan..

Anonim mengatakan...

maju terus THL-TBPP (calon Penyuluh PNS)

Gesdung sari mengatakan...

Lanjutkan....!

Anonim mengatakan...

maju trusssss

Anonim mengatakan...

TETAP SEMANGAT PENYULUHKU

Anonim mengatakan...

THL-TBPP ku, bersinarlah seperti Suluh di mlm hari, menyinari desa-desa terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota, kami para petani Nusantara sangat membutuhkanmu.

Anonim mengatakan...

Tenaga Bantu Penyuluh harus menjadi PNS

Anonim mengatakan...

Akankah tetap kontrak ke8,7,dan 6....???? urusan negara hidup ,atw matinya ketersediaan pangan thoo...zaman telah menguji tanpa penyuluh faktanya krisis pangan,sekarang mana cita-cita swasembada tsb....sebuah ke niscayaan bila tanpa penyuluh.MARI KITA GENDERANGKAN THL = PNS,...Garda boga sarwa satata,murakabi bagi seluruh Nagri.

Anonim mengatakan...

JANGAN LALAI TEMAN-TEMAN THL-TBPP YANG ADA DIPUSAT, MARI KITA LAKUKAN TERUS PENDEKATAN DAN AUDIENSI DENGAN PIHAK YANG BERWENANG UNTUK MENGUBAH NASIB STATUS KITA THL KEDEPAN YANG TIDAK ADA KEPASTIAN MAU DIBAWAH KEMANA KITA INI...? SEPERTI KITA DILAUT LEPAS YANG TAK PASTI ARAH TUJUANNYA, BERJUANG, BERJUANG, BERJUANG TERUS TEMAN2 SE INDONESIA.

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas infonya

irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

Posting Komentar